Your Adsense Link 728 X 15

Cara menyampaikan pesan permintaan tolong dengan santun

Posted by Joko Muryanto Sabtu, 13 November 2010 0 komentar
Mungkin kita pernah merasa tersinggung oleh seseorang yang menyuruh kita melakukan sesuatu hal yang dia kehendaki, tetapi tidak bagi kita. Teman, rekan kerja ataupun orang lain kadang pernah minta tolong pada kita untuk mengambilkan sesuatu, tapi terkadang kita tidak terlalu respek terhadapnya.

Mengapa demikian? Ada beberapa hal  yang membuat kita enggan melakukannya. Salah satunya adalah cara menyampaikan pesan kepada orang lain yang kurang santun.

Mengapa saya bilang kurang santun.? Dalam beberapa kondisi memang kita harus bisa memilah mana kepentingan pribadi dan mana pekerjaan dan ini saya rasa tidak bisa dicampur adukkan. Sebagai contoh: rekan kerja menyuruh kita mengambilkan barang pribadi yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Maka tidak ada salahnya dunk kita tidak respek terhadap keinginannya.

Tetapi beda konteksnya jika kita minta tolong mengambilkan spidol di lemari yang digunakan untuk kepentingan kantor. 

Berikut beberapa cara menyampaikan pesan permintaan tolong dengan santun:
  1. Kenali dulu lawan bicara kita, kenali sifat dan karakter dari orang yang akan kita mintai tolong. Apakah penurut, susah atau sedang-sedang saja.
  2. Dahului dengan kata "Minta Tolong"
  3. Minta tolong dengan kata-kata yang halus dan sopan. Karena kita tidak tahu suasana hati seseorang saat itu. 
  4. Tahu kondisi. Maksudnya kita harus tahu kondisi seseorang, apakah dia sedang tidak ada kerjaan atau sedang sangat sibuk. Bukan pertolongan yang kita dapat malah umpatan yang kita terima.
  5. Menjadi bagian dari pekerjaannya. Jangan minta tolong kepada Sekretaris untuk mengantarkan minuman, padahal ada office boy.
  6. Gunakan senyum terindah agar rekan, teman kerja merasa senang dan ikhlas membantu kita.
  7. Jangan lupa ucapkan terimakasih. Agar tidak kapok membantu kita.
7 cara diatas yang sederhana bisa kita terapkan di tempat kita sering berkegiatan, atau bekerja. Cara penyampaian yang santun tentunya akan menyenangkan orang lain dan kita akan disenangi orang lain.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Toko Online Keren

Belajar Bahasa Inggris

blog bisnis