Your Adsense Link 728 X 15

10 Gunung di Indonesia yang pernah saya daki

Posted by Joko Muryanto Rabu, 19 Januari 2011 0 komentar
Berbicara mengenai gunung mungkin pikiran kita akan langsung menerawang jauh, berandai-andai dan berangan-angan. Dalam bayangan kita bagi orang awam mungkin gunung sesuatu yang menyeramkan, atau pun menakutkan. Tetapi berbeda dengan para petualang, Gunung bisa diartikan surganya dunia bagi mereka. 

Tak yang tahu apa sebenarnya hal yang indah dari gunung itu. Kalau dari pribadi saya ada beberapa hal yang membuat saya berkesan ketika mendaki gunung, diantaranya: mengasah andrenalin, menjalin kerjasama sesama kelompok dalam tim pendakian, sarana rekreasi yang menyehatkan.

Di antara gunung-gunung di Indonnesia berikut 10 Gunung yang pernah saya daki yang memiliki kesan tersendiri.

Saya, Amri, Maman dan Hendrawan di puncak G. Lawu
  1. Gunung ArgopuroGunung Argopuro atau Argopura (3.088 m.dpl), termasuk jenis gunung yang mempunyai banyak puncak, terdapat ± 14 puncak di jajaran Pegunungan Iyang. Terletak di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur dan berada dalam pengawasan Sub BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) wilayah Jember. Gunung Argopuro merupakan gunung yang mempunyai jalur pendakian terpanjang diantara jalur gunung-gunung di Pulau Jawa lainnya. Memiliki peninggalan bersejarah dari Zaman Prasejarah hingga masa pendudukan Jepang.
  2. Gunung KerinciGunung kerinci termasuk gunung berapi yang masih aktif, dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung ini menjadi gunung tertinggi di Indonesia di luar pegunungan Irian Jaya. Memiliki hutan yang cukup lebat dan jalur pendakian yang jelas.
  3. Gunung Tandike
    Gunung Tandikat yang bertype stratovolcano ini dikenal juga dengan nama Tandikai, Tandike. Berdiri tegak dengan ketinggian 2430m daripermungkaan laut. Gunung ini membentang didataran tinggi Minang Kabau Sumatera Barat, kira-kira 7,5 km dari kota Padang Panjang. Kota ini dikenal sebagai kota yang mempunyai suhu terdingin di Sumatera Barat. Jalur pendakian di gunung ini cukup ekstrem dengan hutan yang sangat lebat.
  4. Gunung Merapi-Singgalang
  5. Gunung Merapi (ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.
  6. Gunung CiremaiGunung Ceremai (seringkali secara salah kaprah dinamakan "Ciremai") secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.
    Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet. Kini G. Ceremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare.
  7. Gunung LawuGunung Lawu (3.265 m) terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat" dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi.
    Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung Lawu mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah
  8. Gunung Sindoro
  9. Gunung Sumbing
  10. Gunung Merbabu
Masing-masing pendakian yang saya lakukan bersama rekan satu tim memiliki kesan tersendiri. Rasa capek dan letih terasa hilang ketika telah tiba di puncak gunung-gunung nan indah. Serasa terbang di atas awan.




Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Toko Online Keren

Belajar Bahasa Inggris

blog bisnis